guru les privat sma smp sd tk ke rumah

belajar di rumah dengan guru les privat ke rumah sd smp sma belajar jadi fokus dan efektif
Belajar membaca untuk anak satu tahun apakah mungkin untuk bisa dilakukan? Menurut saya jawabannya adalah bisa. Belajar membaca tidak harus dilakukan dengan membaca huruf demi huruf, kata demi kata, akan tetapi belajar membaca bisa dilakukan dengan pengenalan terhadap gambar gambar maupun benda benda disekitar kita. Dengan mengenal gambar gambar beserta namanya, sadar tidak sadar anak sudah kita ajari membaca. Karena gambar dan kata sangat erat kaitannya. Begitu anak sudah menghafal gambar, kemudian dirangkaikan dengan kata, maka dikemudian hari akan mudah buat anak untuk belajar membaca.
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk belajar membaca untuk anak satu tahun antara lain dengan memanfaatkan bantuan puzzle. Tentu saja puzzle yang digunakan untuk belajar membaca ini tidak seperti puzle yang biasa digunakan untuk anak yang sudah besar, akan tetapi puzle dengan gambar utuh, misalnya gambar kuda, kupu kupu, ulat dan lain sebagainya. Jadi gambar tersebut dipotong utuh, sehingga anak tinggal meletakkan pada papan puzle. Mengingat dunia anak adalah dunia bermain, maka dalam mengajari anak juga sebaiknya digunakan metode bermain. Ajak si anak bermain dengan mengulang ulang nama gambar, kemudian dilanjutkna dengan memasang potongan gambar tersebut pada papan puzle. Tentu saja pujian pada anak dikala bermain ini akan sangat membantu si anak untuk lebih semangat untuk menunjukkan bahwa dia bisa, untuk itu pujilah anak baik pada saat dia benar maupun pada saat dia salah dalam permainan ini, tentu saja pada saat salah harus dipuji dan ditunjukkan cara yang benar.
Pada saat anak sudah mulai terbiasa dan mulai mengenal gambar beserta nama-namanya, proses belajar membaca pada anak satu tahun bisa dikatakan sudah mulai berhasil, tinggal menambahkan step step selanjutnya dengan merangkaikannya dengan kata-kata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s